Masalah Pendidikan Paling Utama di Indonesia

Masalah Pendidikan Paling Utama di Indonesia - Negara Indonesia adalah negara yang dikenal oleh publik sebagai negara yang kaya raya, namun di Indonesia masih lemah akan hal nya sumber daya manusia dalam pendidikan. Hal ini sudah banyak di akui dunia bahkan masyarakat Indonesia sendiri, jika di bandingkan dengan negara lain mengenai pendidikan Indonesia adalah salah satu pendidikan yang kurang maju dari semua negara di dunia.


Hal ini disebabkan karena banyaknya masalah pendidikan di Indonesia yang masih sangat sulit untuk diatasi. Adapaun beberapa masalah utama pendidikan di Indonesia adalah :

1. Mahalnya Biaya Pendidikan
    Inilah masalah utama pendidikan di Negeri ini, yaitu mahalnya biaya pendidikan dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Hal inilah yang kemudian banyak memunculkan fenomena putus sekolah di kalangan anak-anak Indonesia. Jangankan untuk sekolah Swasta, Untuk sekolah negeri pun, biaya pendidikanya tetap tinggi. Opsi bantuan BOS yang diberikan oleh pemerintah pun masih belum bisa mengatasi masalah mahalnya biaya pendidikan ini.

2. Kurangnya Pemerataan Pendidikan di Indonesia
    Bagi sebagian orang, pendidikan adalah hal yang biasa, namun bagi banyak orang yang berada di wilayah terpencil, pendidikan adalah barang mewah dan sangat berharga. Kenapa? karena memang di negara yang menganut paham desentralisasi ioni, pendidikan lebih difokuskan di wilayah-wilayah pokok yang lebih potensial. Hal inilah yang kemudian menimbulkan kurangnay pemerataan dan menjadikan kesenjangan dalam pendidikan.

3. Masih rendahnya kesejahteraan Guru
    Salah satu acuan yang bisa diukur untuk menentukan Keberhasilan pendidikan adalah tingkat kesejahteraan para Guru. Namun apa bisa dikata, Di Indonesia masih banyak guru yang dibayar dengan upah yang kurang layak atau bahkan tidak layak. Walaupun banyak orang beranggapan bahwa guru itu adalah profesi yang mewah, namun tetap saja masih banyak guru yang belum bisa menerima hasil jerih payahnya secara adil.

4. Rendahnya Kualitas Sarana dan Prasarana Pendidikan
    Kita tentu sudah banyak mendengar berita tentang sekolah roboh, atau sekolah rusak karena bangunanya yang sudah lapuk namun tidak mendapat bantuan dari pemerintah. Inilah salah satu bukti betapa Rendahnya Kualitas Sarana dan prasarana pendidikan di Indonesia.

5. Rendahnya Prestasi Siswa
    Dari penelitian Balitbang, Daya tangkap materi siswa di Indonesia hanya sekitar 30% dari semua materi yang diajarkan. hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya kurangnya kepedulian dalam dunia pendidikan dan juga masih kurangnya pengetahuan para siswa tentang arti sebuah pendidikan.


Itulah beberapa masalah pendidikan di Indonesia, meskipun di Indonesia banyak sekali masalah pendidikan, tetapi anak-anak Indonesia bisa belajar melalui teman atau orang lain dan akan membuktikan bahwa Indonesia BISA!!.

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Masalah Pendidikan Paling Utama di Indonesia"

  1. Poin no4 salah satu alasan di daerah saya sob.trimakasih share nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Poin no.4 bukan hanya di daerah sobat sja, tapi banyak d daerah yg lainnya.

      Delete
  2. Iya Sobat, masalah2 diatas yang perlu ditangani serius agar pendidikan bisa berjalan dg baik.Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, betul bgt.Seharusnya pemerintah harus mengambil tindakan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia, jangan hanya mementingkan pendidikan di daerah kota besar saja.

      Delete
  3. point ke 4 tuh sob , ngena bangeett deh ..

    ReplyDelete
  4. emng bner gan pendidikan di indonesia ini utamanya kalo yang kehidupan ekonominya minim namanya kemajuan pasti terhambat

    ReplyDelete
  5. untuk point yang nomer 3 ane kurang sepakat gan.. cz di daerah ane saat ini namanya guru sejahtera banget malah bagi mereka apa yang ada sekarang ini kurang.. ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul, tapi masih bnyak daerah yang lain yang kurang kesejahteraannya ...

      Delete
  6. memang ngeri ngeliyat pendidikan di indonesia.. para atas2 yang bergelimpangan jabatan harusnya lebih serius menghadapi kasus ini

    ReplyDelete
  7. iya apalagi poin no.1 itu gan wah kayaknya sekolah hanya untuk orang kaya.. kasian mereka yang minim ekonominya.. jadi miris ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, padahal pendidikan itu sangat berpengaruh atas kemajuan bangsa

      Delete