Foto Badai Topan Raksasa di Planet Saturnus


 Topan adalah salah satu badai yang paling ditakuti di muka Bumi. Kekuatan anginnya dapat mencabut pohon besar, meruntuhkan jembatan, dan menerbangkan atap bangunan kokoh.

Badai itu sesungguhnya tidak hanya di terjadi di Bumi tapi juga melanda Saturnus. Bahkan ukurannya lebih raksasa. Pesawat ruang angkasa NASA, Cassini, yang melakukan eksplorasi di planet Saturnus sejak tahun 2004 berhasil menangkap gambar terjadinya badai di planet cantik bercincin itu.

Dari kiriman gambar dan video pesawat Cassini, para ilmuwan mengatakan topan itu berukuran raksasa. Lebarnya mencapai 2.000 kilometer atau 20 kali lebih lebar dari topan terbesar yang pernah terjadi di Bumi.

Dilansir Space, 30 April 2013, Andrew Ingersoll, anggota tim peneliti Cassini dari California Institute of Technology di California, mengatakan gambar badai itu berhasil ditangkap menggunakan kamera inframerah untuk mendapatkan gambar yang detail.

Citra topan badai di permukaan Saturnus yang berhasil ditangkap NASA. (BBC)

 "Para ilmuwan memperkirakan kecepatan topan itu mencapai 330 mil per jam (mph). Dan, tidak diketahui kapan badai itu akan berakhir," kata Ingersoll.

Andrew mengungkapkan bahwa tim ilmuwan juga merasa heran bagaimana ukuran pusaran topan di Saturnus bisa lebih besar dari Bumi. "Entah bagaimana itu bisa terjadi. Bagaimana pusaran badai topan itu sangat besar, sedangkan kandungan uap air di atmosfer planet Saturnus sangat sedikit," ujar Ingersoll.

Tim peneliti juga memprediksi bahwa badai topan itu akan terjebak di daerah kutub utara, karena arah angin terus begerak ke arah utara. "Kami percaya badai topan besar itu akan terus berputar-putar di planet Saturnus selama bertahun-tahun," kata Ingersoll.



sumber : http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/409308-foto--topan-raksasa-mengamuk-di-saturnus

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Foto Badai Topan Raksasa di Planet Saturnus"