Charles Darwin


Charles Darwin merupakan seorang penemu teori evolusi manusia yang lahir pada tanggal 12 Februari tahun 1809 dikota Shressbury, Inggris. Beliau sangat senang sekali berkuda dan berburu, pada usia 14 tahun beliau memasuki Universitas Edinburg untuk belajar Ilmu Kedokteran dan Ilmu Anatomi. Ilmu-ilmu itu dianggap membosankan oleh Charles Darwin, dan beliau pun langsung pindah ke Cambridge untuk belajar Ilmu Administrasi Perkantoran.

Awal mula dari penemuan teori evolusi Darwin berasal dari perjalanannya ke pulau Galapagos. Ketika berumur 22 tahun, beliau berangkat menggunakan kapal Beagle pada tahun 1831 ke kepulauan Galapagos. Sepanjang perjalanannya, Charles Darwin mengunjungi suku-suku primitif, dan ia menemukan sebuah fosil, dan meneliti berbagai macam tumbuhan dan binatang. Beliau membuat catatan mengenai apa saja yang diamatinya. Catatan ini nantinya akan menjadi faktor penunjang teori yang di ungkapkan.

Semenjak perjalanan itu, beliau semaikn tertarik dengan ilmu pengetahuan, khususnya bidang biologi. Serangkaian buku-buku yang ditulisnya semakin mengangkat namanya menjadi seorang ilmuwan biolog ternama di negara Inggris. Terlebih lagi teori yang digunakan atau dikeluarkan sangat bertentangan dengan keyakinan manusia pada saat itu. Menurutnya, tumbuhan atau pun binatang tidak bersifat tetap, tetapi mengalami perubahan dalam sejarah geologi (seleksi alam). Hal ini tertuang dalam bukunya yang berjudul The Origin Of Species.

Jauh sebelum Charles Darwin mengungkapkan teori evolusi, sudah banyak ilmuwan yang mengungkapkan terlebih dahulu. Namun, teori Charles Darwin dilengkapi dengan mekanisme dari seleksi alam yang menyebabkan terjadinya evolusi alam dan bukti genetika, meskipun disisi lain Gregor Mendel sedang menyelesaikan hukum-hukum keturunan.

Teori yang dikeluarkan oleh Charles Darwin membawa pengaruh juga pada bidang keagamaan. Banyak sekali penganut agama Nasrani yang percaya tentang adanya toeri revolusi. Hal ini merupakan salah satu faktor lunturnya kepercayaan beragama. Pada akhirnya pula, Charles Darwin menjadi seorang Sekuler. Teori ini mempengaruhi berubahnya cara pandang manusia bahwa manusia bukan menduduki posisi yang central. Tetapi merupakan bagian dari makhluk hidup yang lainnya dan ada kemungkinan esok hari manusia akan tegeser menjadi makhluk lain. Charles darwin akhirnya wafat pada tahun 1882 namun teori-teori yang diungkapkan oleh Darwin hingga kini masih menjadi perdebatan dikalangan ilmuwan.

Demikianlah tokoh dunia Charles Darwin. Jika ada beberapa text atau yang lainnya yang kurang baik, saya mohon maaf yang sebesar-besarya. Dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan menambah pengetahuan.

Terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

15 Responses to "Charles Darwin"

  1. Charles darwin terkenal dengan Teori Evolusinya yah sob .. :D

    ReplyDelete
  2. Ingin dapat dolar dengan Google AdSense?
    Harga Rp.50.000/akun hanya di http://googleadsensemurahdancepat.blogspot.com/

    Aman, Cepat, dan Terpercaya

    ReplyDelete
  3. Saya nggak percaya dengan teori evolusi atau sejenisnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya namanya juga masih teori, wajarlah :)

      Delete
  4. maaf gan baru bisa mampir!trims informasi nya

    ReplyDelete
  5. sangat menambah wawasan sekali sob,saya baru belajar tentang darwin dari sini,terima kasih infonya sob.

    ReplyDelete
  6. ane hargai teori darwin hihi.. cz yang menciptakan tuhan kan hanya allah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, Tiada Tuhan selain Allah SWT

      Delete
  7. maksi infonya gan.. nambah ilmu nih dibidang pengetahuan

    ReplyDelete
  8. wah agan mav nih.. widget agan yang kudu ngefollow ke ganggu nih ketika ane baca.. padahal udah ane close

    ReplyDelete