Ferdinand Magellan

Ferdinand Magellan - Mari mengenal tokoh sejarah dunia, kali ini saya akan membagikan tokoh sejarah dunia yang berasal dari Porugis yaitu Ferdinand Magellan.

Ferdinand Magellan adalah seorang petualang dari Portugis. Dia lahir di Sabrosa, Portugal Utara, dan melayani Raja Charles I dari Spanyol dalam rute pencarian ke arah barat menuju "kepulauan rempah-rempah".
Magelhaens adalah orang Eropa pertama yang melayari Samudra Pasifik dan orang pertama yang memimpin ekspedisi yang bertujuan mengelilingi bola dunia. Meskipun Magelhaens sendiri tewas terbunuh oleh Datuk Lapu-Lapu di Filiphina dalam persinggahannya di Hindia Timur.


Fernando de Magelhaens meninggalkan Spanyol pada tahun 1519 dengan lima buah kapal kecilnya (San Antonio, Concepciόn, Victoria, dan Santiago) yang terbuat dari kayu yang kebanyakan darinya berukuran sepanjang kira-kira 21 M (meter). Pelayaran ini tergolong sebagai prestasi navigasi yang paling berani sepanjang masa, pelayaran Magelhaens merupakan tonggak sejarah Abad Penjelajahan yang diwarnai keberanian dan ketakutan, kegembiraan dan tragedi.

Magelhaens sangat berhasrat untuk melakukan apa yang gagal dilakukan Columbus menemukan rute barat menuju Timur, tetapi ia membutuhkan dukungan finansial. Maka ia meminta dukungan Raja Spanyol. Pada tanggal 20 September 1519, Magelhaens memulai pelayaran dan menuju Amerika Selatan.

Di daerah lintang kutub armada itu mengalami korban pertamanya Santiago yang kecil. Setelah itu, keempat kapal yang masih bertahan berjuang sekuat tenaga menuju ke selatan ke perairan yang semakin dingin hinggal tanggal 21 Oktober. Berlayar di bawah guyuran hujan yang membeku, akhirnya mereka melihat El paso! Namun, San Antonio dengan sengaja menghilang di tengah jaringan rumit selat itu dan kembali ke Spanyol.

Setelah melewati 5 minggu yang menyiksa, mereka berlayar menuju sebuah samudra yang sedemikia  tenangnya sehingga Magelhaens menamkannya Pasifik. Mereka dihadang bencana yang lebih hebat, karena perairan itu ternyata bukan laut kecil yang mereka bayangkan, laut ini seolah-olah tak berujung, dan mereka semakinn lapar, lemah, dan semakin banyak orang dalam kapal yang sakit. 19 orang meninggal pada saat mereka mencapai Kepulauan Mariana, pada tanggal 6 Maret 1521. Kemudian pada tanggal 16 Maret mereka melihat Filiphina.

Karena jumlah awak tinggal sedikit, mereka berlayar dengan dua kapal, jadi mereka menenggelamkan Concepciόn dan melanjutkan tujuan terakhir mereka "Kepulauan Rempah-Rempah". Kemudian, setelah mengisi muatan dengan rempah-rempah, kedua kapal itu berpisah. Akan tetapi, awak kapan Trinidad ditangkap oleh Portugal dan dipenjarakan.

Pada tanggal 6 September 1522 tiga tahun sejak keberangkatan mereka hanya 18 pria yang sakit dan tidak berdaya yang bertahan hidup. Meskipun demikian, tidak dapat dibantah bahwa merekalah orang pertama yang berlayar mengelilingi Bumi.
sumber: id.wikipedia.org


Demikianlah tokoh sejarah yang bisa bagikan hari ini, jika ada kesamaan dan kesalahan dalam bentuk apapun, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

15 Responses to "Ferdinand Magellan"

  1. Terimakasih info nya gan!semoga kisah Ferdinand Magellan jadi insfirasi untuk kita

    ReplyDelete
  2. Sip sob saya jadi tambah pengetahuan lagi disini, trims yah

    ReplyDelete
  3. kren banget gan magellan , kya nama penjaga impeldown wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah, tapi magellan yang ini jauh beda :)

      Delete
  4. angkat tokoh dalam negri lbih bagus gan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. tokoh dalam negri sudah saya catat beberapa, tinggal tunggu publikasikan saja :)

      Delete
  5. Kunjungan balik sob
    baru tahu namanya Pak Ferdinand ini sob. Banyak penemu yang berasal dari barat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tokoh ini bukan penemu, tapi penjelajah dan menemukan samudra yang luas dan diberi nama Pasifik

      Delete
  6. wah ini pelajaran waktu IPS waktu saya SD sob..hehe
    kunjungan balik nih sob ..salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. perasaan tokoh ini belum muncul waktu SD ?

      Delete
  7. Sebelum bikin posting saya sempatkan dulu mampir ke sini,hanya untuk bilang ..hai!

    ReplyDelete
  8. Wah, baru tahu tentang tokoh ferdinand, emang orang spanyol dikenal sebagai penjelajah!

    ReplyDelete
  9. saya juga baru tahu tokoh ini. hehehe, ketahuan ya saya pengetahuannya cetek. kikikiki

    ReplyDelete