Soda Susu Bermanfaat Untuk Membersihkan Paru-Paru Perokok, Mitos atau Fakta ?

Merokok memang memberikan kenikmatan dan kepuasan yang tersendiri bagi para perokok. Walaupun mereka sudah tau bahaya yang ditimbulkan dari merokok, bahkan produsen rokok pun telah memaparkan efek yang mungkin ditimbulkan jika merokok, ternyata tidak membuat konsumen rokok menipis bahkan semakin meningkat. Merokok sudah jelas-jelas dapat menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya bagi tubuh.

Foto dari: remajasampit.blogspot.com

Umumnya penyakit-penyakit berbahaya yang timbul akibat kebiasaan merokok tidak akan langsung muncul, namun ada beberapa gangguan-gangguan kecil yang ditimbulkan bagi perokok aktif pada sistem pernapasan pasti akan terasa walaupun belum menjadi seorang perokok. Seorang perokok akan merasakan pengap di dada sewaktu-waktu dan biasanya ketahanan tubuh seorang perokok akan berbeda. Jika perokok berolahraga, ia akan cepat merasa lemas yang bukan berasal dari bagian tubuh yang banyak bergerak, melainkan dari rasa pengap pada pernapasan di paru-parunya.

Pasti para perokok mencari cara untuk mengatasi gangguan pernapasan tersebut. Salah satu yang di tulis di salah satu blog yang saya baca adalah bahwa seorang perokok jika dibiasakan minum soda susu dapat meminimalisir paru-paru dan nikotin. Mungkin cara ini masih mitos di kalangan masyarakat atau yang pernah mencobanya. Dan jika itu benar, akan menjadi kabar yang sangat menggembirakan bagi para perokok karena bisa meminimalisir penyakit-penyakit berbahaya dan mematikan yang ditimbul dari merokok, mungkin dapat dicegah atau diobati hanya dengan harga susu soda yang kurang dari Rp. 10.000,-an saja.

Ada beberapa artikel yang menyimpulkan mitos tersebut. Beberapa artikel menyalahkan dan hanya sedikit yang membenarkan Mitos Soda Susu Bermanfaat Untuk Memberishkan Paru-Paru Perokok. Artikel yang membenarkan mitos tersebut hanya beralasan karena setelah meminum soda susu, dada terasa lega dan menganggap bahwa perasaan lega tersebut menandakan bahwa ada kandungan nikotin yang telah berhasil dikeluarkan.

Ada beberapa artikel yang menyalahkan mitos ini dengan beberapa alasan berikut.

  • Belum adanya keterangan ilmiah yang jelas dari medis bahwa Soda Susu Bermanfaat Untuk Membersihkan Paru-Paru Perokok
  • Makanan dan minuman yang dimakan tidak akan masuk ke dalam paru-paru, melainkan ke kerongkongan dan lambung.
  • Mitosnya, soda susu harus diminum secara rutin jika ingin meminimalisir nikotin. Susu tidak berdampak negatif, namun soda jika diminum secara rutin akan menimbulkan banyak bahaya bagi kesehatan. Sehingga kepercayaan atas mitos ini pun masih diragukan.


Begitulah ulasan mengenai Mitos Soda Susu Bermanfaat Untuk Membersihkan Paru-Paru Perokok. Menurut saya, mitos ini tidak benar. Namun untuk merasakan efek untuk melegakan dada yang pengap cuma sesaat boleh digunakan cara ini. Saya tidak bisa memastikan karena belum menemukan keterangan dari para ahli yang menguatkan mitos ini benar atau tidaknya. Saya hanya menulis dari berbagai sumber.

Intinya untuk menjaga kesehatan, kalian harus berhenti merokok, rajin berolah raga, makan yang cukup dan sehat, dan berdoa.
Untuk artikel ini terserah pada diri masing-masing untuk menanggapi apa yang ditulis di artikel ini.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Soda Susu Bermanfaat Untuk Membersihkan Paru-Paru Perokok, Mitos atau Fakta ?"