Cirebon Menuju Smart City Untuk Masa Depan

Design by Arif Budiharjo


Cirebon Menuju Smart City Untuk Masa Depan – Cirebon adalah sebuah kota kecil yang berada di pesisir pantai utara pulau Jawa dengan jumlah kepadatan penduduk yang lumayan besar untuk sebuah kota kecil. Kota Cirebon memiliki berbagai macam budaya, tradisi, kuliner, dan logat bahasa yang berbeda-beda dalam setiap desa maupun kecamatan.

Untuk mewujudkan kota Cirebon menjadikan kota modern dan inovatif yang mampu mengelola sumber daya kotanya secara efektif, efisien dan berkelanjutan dengan mengoptimalkan perkembangan dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Perkembangan teknologi yang kini semakin lebih maju dan pintar, banyak beberapa kota besar di Indonesia menggunakan konsep penataan kota yang hampir seluruhnya mengoptimalkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau baru-baru ini dikenal dengan istilah “Smart City”. Smart City yang berarti kota pintar ini mengarah pada sebuah tatanan kota pintar yang berperan dalam memudahkan masyarakat mendapatkan informasi secara cepat, tepat, dan efisien.

Menurut artikel yang saya baca yang di kutip oleh salah satu situs web mengenai indikator yang mendukung daerah perkotaan menuju Smart City.
“Konsep Smart City sendiri pertama kali dikemukakan oleh IBM, yaitu perusahaan komputer ternama di Amerika Serikat. IBM menelurkan enam indikator yang perlu di perhatikan. Keenam indikator tersebut adalah Masyarakat, Lingkungan, Prasarana, Ekonomi, Mobilitas, serta Konsep Smart Living.”
Dengan mengoptimalkan keenam indikator tersebut, mungkin kota Cirebon bisa mengutarakan konsep Smart City demi meningkatkan kualitas hidup warga masyarakat Cirebon. Namun, untuk menyukseskan Cirebon Menuju Smart City Untuk Masa Depan sendiri harus dilihat dari kualitas dan pengetahuan warga masyarakat Cirebon tentang pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan dukungan dari pemerintah daerah.

Untuk mewujudkan kota Cirebon Menuju Smart City Untuk Masa Depan tentunya tidaklah mudah. Dalam pelaksanaannya untuk mewujudkan kota Cirebon menjadi Kota Pintar (Smart City) perlu diperhatikan apa yang harus diprioritaskan pemerintah dalam upaya mewujudkan Cirebon Smart City. Hal ini dapat dilihat dari keenam indikator yang dikemukakan oleh IBM pada kutipan tadi. Untuk kota Cirebon sendiri menurut saya, indikator yang harus difokuskan untuk mewujudkan Cirebon Menuju Smart City adalah sebagai berikut.

1. Masyarakat
    Dalam hal ini masyarakat Cirebon banyak yang kreatif namun kurang dalam hal modal usaha. Masyarakat memerlukan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan dalam meningkatkan usahanya melalui kreatifitasnya.

2. Lingkungan
    Lingkungan yang bisa memberikan kenyamanan dan keamanan.

3. Prasarana
    Prasarana dalam menikmati internet untuk menjelajahi sebuah informasi demi menigkatkan kualitas hidup.

4. Ekonomi
    Inovasi-inovasi kreatif yang dapat meningkatkan persaingan pasar.

5. Mobilitas
    Fasilitas transportasi umum.

6. Konsep Smart Living
    Kualitas hidup dan berbudaya.

 
Komunitas Blogger Cirebon

Kota Cirebon memiliki banyak komunitas – komunitas yang mendukung untuk Cirebon Menuju Smart City Untuk Masa Depan. Komunitas di kota Cirebon sendiri sangat beragam, salah satunya adalah Komunitas Blogger Cirebon. Komunitas ini bergerak dalam hal Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau semacam berbagi informasi seputar kota Cirebon melalui blog. Dan komunitas ini juga bergerak dalam aksi nyata salah satunya adalah mengadakan Workshop dan Membuka Kelas Belajar Essai, Opini, Cerpen, Puisi dan Mahir Blog sesuai yang di tulis pada situs rebon.org.

Smartfren 4G LTE

Dalam upaya mewujudkan kota Cirebon menuju Smart City tentunya harus didukung dengan jaringan internet yang cepat. Perkembangan teknologi jaringan internet kini sudah masuk 4G LTE, yaitu generasi ke-empat dari generasi mobile-internet. Kini telah hadir produk dari Smartfren yang memiliki jaringan cepat dan tidak hanya cepat, namun memiliki jangkauan yang lebih luas dan lebih stabil yaitu Smartfren 4G LTE. Layanan 4G LTE memiliki cangkupan wilayah yang lebih luas dengan kapasitas bandwidth jauh lebih besar dibandingkan dengan operator lain dan menjadikan layanan Smartfren 4G LTE Advance lebih cepat dan lebih stabil.

Aston Hotel Cirebon

Penerapan konsep Smart City sendiri sudah diterapkan pada beberapa tempat tinggal atau tempat wisata di beberapa tempat salah satunya adalah Aston Hotel Cirebon. Aston Hotel Cirebon memiliki beberapa indikator Smart City yang dikemukakan oleh IBM yaitu pelanggan akan merasakan kenyaman dan keamanan saat berada di lingkungan hotel, menikmati sarana dan prasarana, menikmati fasilitas antar jemput gratis dengan kenyaman dalam perjalanan Hotel – Stasiun, sehingga pelanggan akan merasakan seperti berada dalam surga dunia. Hal ini dapat di kategorikan dalam sebuah lingkungan yang menerapkan konsep Smart City di lingkungan tempat tinggal.

 
 




Kesimpulannya:
Smart city merupakan pengembangan dan pengelolaan kota dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengetahui, memahami, dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam suatu kota dengan lebih efektif dan efisien untuk memaksimalkan pelayanan kepada warga masyarakat serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan.
Semoga apa yang diinginkan masyarakat Cirebon untuk masa depan kota Cirebon demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat bisa tercapai.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cirebon Menuju Smart City Untuk Masa Depan"

Post a Comment